a

Thursday 22 November 2012

Memperbesar/Resize Ukuran Partisi Linux dengan GParted

Bismillah.

Saya ingin berbagi cara memperbesar pukuran partisi. Misalnya saya ingin partisi saya:

37 GB -> 50 GB


Namanya/labelnya: Jasad Data
Tipe berkas: EXT4.

Maka saya tinggal menggunakan GParted. Silakan ikuti gambar-gambar ini.

Klik untuk menampilkan... ( 1)

Klik untuk menampilkan... ( 2)

Klik untuk menampilkan... ( 3)

Tampilan ukuran asli.

Klik untuk menampilkan... ( 4)

Perbesar dengan menggeser atau menuliskan sendiri. Klik Resize.

Klik untuk menampilkan... ( 5)

Akan ada peringatan "siap dilaksanakan".

Klik untuk menampilkan... ( 6)

Klik untuk menampilkan... ( 7)

Selesai.

Selesai.


Boleh dilakukan boleh juga tidak:
Klik untuk menampilkan... ( 8)

Anda boleh menyimpan detail pembesaran partisi dalam HTML.


Hasil Pembesaran Ukuran Partisi:
Klik untuk menampilkan...


Nasihat: Anda sebaiknya melakukan pencadangan data (backup) sebelum melakukan ini. Cukup berisiko seandainya Anda punya data yang penting. Jika data di partisi tidak terlalu penting, Anda bisa melakukannya tanpa backup data dulu. Saya sendiri melakukan ini tanpa backup apa-apa.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment