a

Saturday 24 November 2012

Membuat Installer Windows 7 Via USB Dengan Win USB di Linux Ubuntu

WinUSB adalah sebuah aplikasi yang bisa bekerja di sistem operasi Linux, namun pada tutorial kali ini akan dibahas Win USB yang bekerja pada distribusi Linux Ubuntu. Win USB bisa digunakan untuk membuat sebuah installer windows didalam sebuah USB. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat sekarang sudah banyak laptop yang tidak menyertakan cdrom di perangkat laptop yang dijual. Sesuai pengamatan pribadi dari penulis bahwa pergeseran teknologi nantinya  tidak akan menggunakan CD/DVD lagi karena cukup memakan banyak tempat.
Installer windows yang akan dibuat dengan win USB hendaklah berupa ISO, karena selain ISO tidak dikenali oleh program, untuk saat ini yang pernah penulis coba adalah dengan menggunakan Windows 7 64 bit, dan tidak menutup kemungkinan versi windows lain nya bisa dibuat dengan program  Win USB. Untuk mendapatkan program Win USB, pembaca bisa menambahkan alamat repo dari Win USB dengan mengetikkan perintah berikut melalui terminal


1
2
3
sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight
sudo apt-get update
sudo apt-get install winusb
setelah proses instalasi selesai maka panggillah aplikasi yang sudah di install tadi dengan mengetikkan perintah sudo winusb, kemudian anda akan mendapat tampilan Win USB. Klik gambar folder untuk memasukkan ISO windows yang akan kita buat menjadi installer dan pilih target device dari USB yang kita tancapkan.
winusb
Atau jika anda ingin membuat installer windows dengan perintah terminal anda bisa mengetikkan perintah berikut

1
sudo winusb --format <folder tempat iso berada> <usb yang ditancapkan>
contoh jika folder tempat iso windows saya berada di folder home dan flashdisk di mounting di /media/flash/ maka perintah lengkapnya menjadi

1
sudo winusb --format /home/saujiro/windows.iso /media/flash
Perintah diatas adalah memformat usb nya kemudian lanjutkan dengan perintah berikut untuk melakukan instalasi

1
sudo winusb --install <lokasi iso> <partisi>
Aplikasi WinUSB mirip dengan Unitbootin, jadi saya bisa memastikan jika anda sudah biasa membuat installer Linux dengan Unitbootin maupun start up disk creator yang ada pada Ubuntu, maka anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan WinUSB.

No comments:

Post a Comment